Tutorial Blog

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Diberdayakan oleh Blogger.

Kamis, 22 November 2012

MEMBUAT PERISKOP SEDERHANA

apa sih periskop itu?
temen-temen pasti udah sering denger alat yang satu ini kan.. Tapi mungkin ada juga yang lupa kira-kira periskop itu apa ya? bentuknya gimana? dipake buat apaan?

okedeh... langsung aja kita liat contoh barangnya.
hehehe

periskop adalah alat yang dipake buat ngamatin suatu objek secara tersembunyi.



ini nih yang namanya periskop, yang lagi dipake sama om bule ini. Ini contoh periskop yang udah canggih. Periskop ini juga biasanya ada di kapal selam. Kalo kalian nonton film yang settingya di laut, kalian pasti pernah liat sebuah mata yang muncul dari dalam laut, tapi bukan mata cumi raksasa ya, ini periskop. Hehehehe.

bukan hal mustahil loh, kalo kalian para pelajar ataupun mahasiswa bisa punya periskop. gimana caranya? kita buat sendiri. 

caranya mudah kok, kalian tinggal siapin bahan-bahan yang tertera di bawah ini, dan ikuti langkah-langkahnya.




Alat dan Bahan:
  • Selembar kaca plexy atau kayu lapis (ada di toko) kemudian cat semprot hitam logam dengan ukuran 60 x 90 x 0,3 cm kubik
  • Silikon aquarium atau perekat
  • Meteran kayu
  • 2 cermin kecil 2 lensa cembung (dari sepasang kaca mata tua atau ada di toko alat-alat labor)
  • Epoxy (jika menggunakan lensa)
 Alat dan Bahan untuk Membuat Periskop Kaca Plexy:
  • Pemotong kaca (agar kamu dapat mematahkan kaca dengan rapi)
  • Lem plastik
  • Isolasi pipa 
  • Gunting
Alat dan Bahan untuk Membuat Periskop Kayu Lapis:
  • Gergaji kayu
  • Cat tahan air 
  • Paku dan palu 
  • Kaca plexy untuk tutup
Untuk cermin, kamu dapat menggunakan cermin genggam. Potong tiap-tiap pegangan dekat cermin, biarkan cermin hanya menempel pada plastik bingkainya.


Langkah Pembuatan:1. Cara membuat badan periskop dari kaca atau kayu lapis:
  • Rancang dan buat ruang panjang dengan empat sisi dan bagian ujung yang berlawanan terbuka, seperti yang terlihat. Ukuran sisi dindingnya terseah kamu, ukuran yang bagus mulai dari 70 x 4 cm. Alat tersebut akan beroperasi paling baik jika kamu mencat hitam dinding dalamnya sebelum memasang kaca.
  • Jika menggunakan kaca plexy, potong dinding periskop dan gabungkan dengan lem plastik. Biarkan lem kering.
  • Jika menggunakan kayu lapis, gunakan gergaji kayu untuk memotong dinding.
  • Jika kamu bermaksud menggunakan periskop kamu dalam air, gabungkan semua tepi dengan perekat. Kamu bisa mencat kayu lapis dengan cat pelindung yang tahan air setelah melakukan perekatan.
  • Dalam beberapa kasus, mungkin berguna untuk menguatkan periskop kamu dengan potongan isolasi tipis (untuk kaca plexy) atau paku penutup kecil (untuk kayu lapis).
2. Baringkan periskop kamu mendatar di atas meja dan posisikan cermin sejajar satu dengan lainnya, pada bagian yang terbuka, dengan permukaan pantulan saling berhadapan. Atur cermin sehingga ketika kamu melihat ke dalam satu bagian yang terbuka (lobang mata), kamu bisa melihat objek yang jauh melalui bagian terbuka lainnya (penampakan). Ketika cermin diluruskan ke atas dengan tepat (kalibrasi), lem bagian sampingnya denga perekat. Kamu bisa memperlebar area penglihatan dalam periskop kamu dengan menambahkan lensa cembung yang rendah di samping tiap cermin, posisikan sejajar satu dengan yang lainnya dan ke ujung periskop. Gunakan epoxy dengan membubuhkan pada lensa. Sesuatu akan terlihat lebih kecil daripada sebenarnya, tetapi kamu akan mampu untuk melihat lebih banyak.
3. Ketika periskop kamu kering, coba melihat melaluinya. Lihat ke dinding, di bawah meja, seputar sudut, dan di bawah sebuah lobang.



SELAMAT BEKERJA!! SUKSES YA!!
SUMBER : http://physics-inside.blogspot.com/2011/12/membuat-periskop-sederhana.html

0 komentar:

Poskan Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More